Wednesday 9 March 2016

Cara Menyikapi Pujian Yang Baik Agar Terhindar Dari Sifat Sombong


Pujian adalah menyatakan sesuatu yang positif tentang seseorang, dengan tulus dan sejujurnya. Pujian itu adalah sesuatu ucapan yang membuat orang yang mendengarnya merasa tersanjung, sehingga dapat juga memberikan motivasi kepada orang yang di puji.

Pujian itu penting sekali, guna untuk menunjukan betapa kita benar-benar menyukai apa yang di katakan, di lakukan, atau dicapai oleh seseorang. Pujian membuat orang menjadi lebih baik. Dan, kemampuan memuji adalah skill yang sangat berguna untuk dikuasai.

Orang yang sering dipuji cepat atau lambat akan belajar untuk memuji orang lain juga. Kalau kita sering saling memuji, kita akan lebih bahagia. Dan, kalau kita menjadi orang yang lebih bahagia, kebahagiaan akan cepat menyebar seperti virus, dan akan menjadikan dunia tempat yang lebih bahagia untuk dihuni.

Pujian merupakan kata-kata indah yang diungkapkan untuk mengapresiasi keberhasilan seseorang. Pujian tentu dialamatkan kepada orang yang telah berhasil dalam melakukan sesuatu pekerjaan ataupun sukses dalam karir dan sebagainya yang bersifat memabukan dan bisa membuatnya terlena.

Bersikaplah anggun dan tidak lantas berpuas diri merupakan cara bijak untuk menyikapi setiap pujian yang kita terima dari keberhasilan kita. Karena disetiap pujian justru ada sesuatu yang mesti kita waspadai yaitu zona nyaman yang dapat membuat seseorang justru terjebak didalamnya. Pada kondisi inilah biasa muncul kesombongan yang akhirnya dapat menjadi musuh paling berbahaya.

Sementara disisi lain, kritikan adalah sebuah pernyataan yang mengkoreksi kalalain dalam melakukan sesuatu, yang cenderung menyakitkan dan dapat membuat kita goyah. Namun dibalik kritikan pedas terdapat pelajaran berharga bagi kita untuk melakukan instrospeksi diri, agar bertindak semakin cerdas, hati-hati dan tidak ceroboh.
Berikut ini adalah 4 Cara Bijak Menyikapi Pujian
  • Selalu Bersikap Rendah Hati

    Bersikaplah rendah hati dalam menerima pujian, karena pencapaian kita merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan. Bila kita terlena dengan pujian, kadang kita melupakan bahwa proses panjang untuk mencapai sebuah keberhasilan adalah kerja keras, ketekunan dan kesabaran. Ketika mendapat pujian hendaknya tidak cepat berpuas diri dan sombong.

  •   Hargai dan Apresiasi Setiap Pujian

    Hargai dan apresiasi setiap pujian yang diberikan kepada kita, apalagi diucapkan dengan tulus dan jujur. Setiap pujian yang kita terima menjadi modal berharga untuk berbuat lebih baik pada langkah selanjutnya. Jadikan pujian sebagai pembangkit semangat dan motivasi untuk terus melakukan yang terbaik.

    •  Bersikap Anggun

    Bersikap anggun berarti tidak besar kepala atau istilah anak muda tidak GR (gede rasa) dan merasa diri paling hebat atau merasa diri lebih penting dari yang lain. Berikan senyuman terbaik ketika menerima pujian dan jangan sekali-kali tunjukan sika ego kita, sebab orang lain banyak yang lebih hebat dari kita. Dan yang terpenting dan  menghebatkan kita adalah Tuhan, jadi jangan melambungkan perasaan bangga yang lebih tinggi melampaui kemampuan kita karena kalau jatuh akan terasa lebih menyakitkan.
     
    • Bersyukur

    Bersyukur merupakan obat terbaik dari segala macam penyakit mental yang bisa menghampiri siapapun. Syukuri apapun yang kita terima, baik itu pujian maupun kritikan. Dengan bersyukur kita jadi tahu indahnya sebuah pencapaian.

    Bersyukur dapat membuat kita semakin bijaksana dan mawas diri, terlebih ketika mendapatkan pujian. Tersanjung boleh-boleh saja asalkan tidak lupa diri dan bersikan sombong.                                                                    

    Kesimpulan:

    Pujian merupakan pernyataan yang tulus dan sejujurnya dapat membuat semakin termotivasi dan bersemangat. Disamping itu, pujian hendaknya tidak membuat seseorang menjadi sombong, lupa diri dan cepat berpuas diri sehigga akhirnya lupa dan terlena dalam zona nyaman. Bijaklah dalam menyikapi setiap pujian yang kita terima, dan jadikan sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik.
    Demikian sharing kali ini tentang 4 Cara Bijak Menyikapi Pujian, semoga dapat menjadi permenungan kita bersama agar tidak mudah terlena dengan setiap pujian yang kita terima.

     

 

1 comment:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160k women and men are trying a easy and SECRET "liquid hack" to lose 1-2 lbs every night as they sleep.

    It is painless and works on everybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Go get a glass and fill it with water half glass

    2) And then learn this weight loss HACK

    so you'll become 1-2 lbs skinnier the next day!

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com